fbpx

Aqiqah Nurul Hayat

Menjelajahi Ragam Kuliner Surabaya

10 Makanan Khas Surabaya yang wajib dicoba jika anda ke Surabaya

Menjelajahi Ragam Kuliner Surabaya: Kelezatan yang Tak Terlupakan dari Kota Pahlawan”

Surabaya, kota yang dikenal sebagai Kota Pahlawan, tidak hanya memiliki sejarah yang kaya, tetapi juga menyuguhkan beragam kuliner yang menggoda selera. Dari jajanan kaki lima hingga restoran mewah, Surabaya memiliki segalanya untuk memanjakan lidah para pengunjungnya. Berikut adalah beberapa kuliner khas Surabaya yang tak boleh Anda lewatkan seperti:

1. Rawon:

Rawon adalah hidangan khas Surabaya yang terkenal dengan kuahnya yang hitam pekat. Kuah ini dihasilkan dari campuran kluwek yang memberikan rasa gurih khas. Daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah kemudian disajikan dengan nasi hangat, tauge, dan dilengkapi dengan sambal dan irisan jeruk limo yang segar.

2. Lontong Balap:

Jajanan khas Surabaya ini terdiri dari lontong yang disajikan dengan tauge, tahu goreng, lentho (bakso kecil dari kacang kedelai), serta kerupuk dan bawang goreng sebagai taburan. Semuanya disiram dengan kuah kental yang terbuat dari petis, kecap manis, dan bumbu-bumbu lainnya.

3. Rujak Cingur:

Rujak Cingur adalah salah satu kuliner tradisional Surabaya yang sangat terkenal. Hidangan ini terdiri dari irisan buah-buahan segar seperti mangga, nanas, mentimun, dan bengkuang yang disajikan dengan cingur (hidung sapi yang direbus) dan lontong, disiram dengan bumbu rujak yang pedas dan gurih.

4. Tahu Tek:

Tahu tek adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng yang disajikan dengan irisan kol, taoge, kentang rebus, dan telur rebus. Semuanya disiram dengan bumbu kacang yang kental dan diberi taburan bawang goreng.

5. Sate Klopo:

Sate Klopo adalah sate khas Surabaya yang menggunakan daging sapi atau ayam yang ditusuk dan kemudian dibakar dengan arang. Yang membedakan sate ini adalah taburan kelapa parut yang telah dipanggang (klopo), memberikan cita rasa gurih dan renyah yang unik.

6. Tahu Campur:

Hidangan ini terdiri dari tahu goreng, lontong, tauge, suun, telur, serta daging sapi atau udang yang disiram dengan kuah kental berbahan dasar petis dan bumbu-bumbu lainnya.

7. Bebek Tugu Pahlawan

Kurang lengkap rasanya berkunjung ke Surabaya namun tak mencicipi kuliner yang satu ini, yaitu Bebek Tugu Pahlawan. Lokasinya berada di Jalan Tembaan 17F, Alun-alun Contong, Surabaya atau dekat Tugu Pahlawan.
Apabila detikers ingin mencoba bebek ini, sebaiknya datang sejak sore sekitar pukul 18.00 WIB. Sebab, makin malam justru semakin banyak pengunjung yang datang sehingga harus antre.
Namun, kesabaran menunggu bebek akan dibayar lunas saat mencicipi dagingnya yang besar dan empuk. Ketika dimakan, dagingnya terasa gurih dan juicy, bisa-bisa bikin kamu tambah seporsi lagi.

8. Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Surabaya. Maka jangan heran kalau tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung yang ingin mencicipi sambalnya yang pedas.
Yap, tempat makan ini sangat cocok untuk kamu yang doyan pedas. Ditambah dengan nasi hangat serta beragam lauk yang bikin ngiler, dijamin detikers akan puas makan di Sego Sambel Mak Yeye.
Sego Sambel Mak Yeye berlokasi di Jalan Jagir Wonokromo Wetan, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Tempat makan ini buka setiap hari dari pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB.

9. Penyetan Bang Ali

Kalau berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk datang ke Penyetan Bang Ali. Di rumah makan ini, detikers bisa mencicipi beragam lauk dari ayam, ikan lele, ikan mujair, hingga ati ampela yang digoreng garing. Jangan lupa untuk mencoba sambalnya yang punya tiga level kepedasan berbeda.
Sedikit informasi, Penyetan Bang Ali membuka dua cabang di Surabaya, pertama di Jalan Raya Kupang Indah yang merupakan pusatnya dan Jalan Simpang Darmo. Disarankan datang ke Penyetan Bang Ali di Jalan Simpang Darmo, karena beroperasi 24 jam dan tempatnya berbentuk rumah makan.

10. Depot Bu Rudy
Rekomendasi kuliner Surabaya yang terakhir adalah Depot Bu Rudy. Rumah makan yang satu ini juga wajib detikers datangi saat berkunjung ke Surabaya. Memangnya, apa yang spesial dari Depot Bu Rudy?
Salah satu yang terkenal dari Depot Bu Rudy adalah sambalnya. Adapun jenis-jenis sambal yang tersedia di sini, yakni sambal bawang, sambal bajak, dan sambal ijo.
Selain itu, ada juga rekomendasi kuliner lezat yang perlu dicoba, yakni sayur lodeh nangka, nasi bakar, dan nasi campur empal. Jangan lupa untuk pesan dadar jagung (bakwan jagung) yang tak kalah enak.
Depot Bu Rudy beralamat di Jalan Dharmahusada, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Rumah makan ini buka dari pukul 06.00-21.00 WIB.

Dengan menjelajahi ragam kuliner Surabaya, Anda akan menemukan berbagai kelezatan yang tak terlupakan. Jangan ragu untuk mencicipi setiap hidangan khas yang ditawarkan olehkota ini dan nikmati pengalaman kuliner yang memuaskan!

Untuk pemesanan Aqiqah praktis dan hemat bisa klik disini.

Peran Komunitas dalam Aqiqah