fbpx

Aqiqah Nurul Hayat

Malam Lailatul Qadr

”Malam Lailatul Qadr, atau juga dikenal sebagai Malam Kebangkitan, adalah malam yang sangat istimewa dalam agama Islam. Malam ini dipercaya sebagai malam di mana Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Keutamaan malam Lailatul Qadr sangat besar, bahkan melebihi seribu bulan.

Dalam surat Al-Qadr, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan (malaikat) Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Al-Qadr: 1-4)

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١) وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ (٣) تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ (٤)

Artinya: 1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. 2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? 3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan 4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

*kapan malam lailatul qodr itu terjadi ?

Karena keutamaan yang luar biasa ini umat islam harus tau kapan lailatul qodr ini terjadi ,tetapi kita tidak tau pasti kapan malam itu terjadi tetapi umat Islam sangat dianjurkan untuk mencari malam Lailatul Qadr di 10 malam terakhir bulan Ramadan, khususnya pada malam ganjil, yaitu malam ke-21, ke-23, ke-25, ke-27, atau ke-29. Di malam tersebut, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, seperti shalat, dzikir, dan berdoa, serta memperbanyak amal kebaikan.

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadr adalah shalat tarawih. Shalat tarawih dilakukan setelah shalat Isya dan merupakan bagian dari ibadah sunnah dalam bulan Ramadan. Melakukan shalat tarawih di malam Lailatul Qadr memiliki keutamaan yang sangat besar, karena setiap amal baik yang dilakukan di malam tersebut akan dilipatgandakan pahalanya.

Selain itu, malam Lailatul Qadr juga merupakan malam yang sangat cocok untuk memperbanyak dzikir dan berdoa. Dengan mengingat Allah SWT dan memohon ampunan serta rahmat-Nya, umat Islam dapat memperoleh keberkahan dan kebaikan dalam hidup mereka. Rasulullah SAW juga menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak istighfar (memohon ampunan) di malam Lailatul Qadr.

*apa yang harus dilakukan jika malam lailatul qodr itu datang ?

Selain ibadah, malam Lailatul Qadr juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi diri dan merenungkan makna kehidupan. Dengan merenungkan kebesaran Allah SWT dan karunia-Nya yang tak terhingga, kita akan semakin memahami tujuan hidup kita di dunia ini dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada-Nya.

*ada beberapa amalan yang dapat dilakukan ketika mendekati malam lailatul qodr

  1. Shalat Tahajud

Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur. Shalat tahajud pada malam Lailatul Qadar memiliki pahala yang besar.

  1. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Banyak orang menghabiskan malam ini dengan membaca Al-Quran dari awal hingga akhir.

  1. Berzikir dan berdoa

Berzikir dan berdoa pada malam Lailatul Qadar juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Dalam berzikir dan berdoa, umat Muslim dapat memohon ampunan, keberkahan, dan berbagai kebaikan dari Allah SWT.

  1. Berinfak dan bersedekah

Berinfak dan bersedekah pada malam Lailatul Qadar juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Dalam berinfak dan bersedekah, umat Muslim dapat membantu sesama dan memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.

  1. Mengikuti kegiatan keagamaan

Mengikuti kegiatan keagamaan pada malam Lailatul Qadar juga sangat dianjurkan. Banyak masjid dan lembaga keagamaan yang mengadakan kegiatan khusus pada malam ini, seperti ceramah dan kajian agama.

Dengan memanfaatkan malam Lailatul Qadr dengan sebaik-baiknya, kita dapat meraih keutamaan dan berkah yang besar dalam kehidupan ini. Mari kita manfaatkan malam yang berharga ini untuk meningkatkan ibadah, memperbanyak amal kebaikan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan dan kemampuan untuk menjalankan ibadah dengan baik di malam Lailatul Qadr dan sepanjang bulan Ramadan ini. Aamiin.

Untuk pemesanan Aqiqah praktis dan hemat bisa klik disini.

Peran Komunitas dalam Aqiqah