Hindari Makanan & Minuman Ini Untuk Anak di Bawah 1 Tahun

Hindari Makanan & Minuman Ini Untuk Anak di Bawah 1 Tahun

Hindari Makanan & Minuman Ini Untuk Anak di Bawah 1 Tahun. Saat berusia 6 bulan, bayi sudah mulai bisa diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, tidak semua makanan dan minuman boleh diberikan diwaktu ini lho, Bun. Ada makanan dan minuman tertentu yang sebaiknya Bunda hindari untuk bayi usia di bawah satu tahun. Di awal masa MPASI, Bunda bisa memberikan beragam makanan sehat untuk Si Kecil, mulai dari nasi, daging, alpukat, tomat, bayam, hingga brokoli. Dalam pemilihan menu MPASI, Bunda perlu berhati-hati. Pasalnya, tidak semua makanan dan minuman boleh diberikan untuk bayi berusia di bawah satu tahun.

Hindari 8 Jenis Makanan dan Minuman Ini untuk Bayi di Bawah 1 Tahun - Alodokter

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Diberikan pada Bayi

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh bayi yang belum berusia satu tahun :

1. Madu

Madu mengandung bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan keracunan yang disebut botulisme jika dikonsumsi oleh anak berusia di bawah satu tahun. Bakteri pada madu dapat menyerang sistem saraf bayi, membuat otot-ototnya menjadi lemah bahkan lumpuh, mengganggu sistem pernapasan, bahkan bisa menyebabkan kematian.

2. Kacang

Pemberian kacang dalam bentuk yang utuh pada Si Kecil sebaiknya dihindari, sebab bisa membuatnya tersedak. Bunda bisa mengenalkan kacang pada Si Kecil dalam bentuk yang lembut, misalnya selai kacang. Pastikan, Bunda memberikan dalam porsi yang kecil dulu, ya.

3. Sayuran atau buah dengan tekstur keras atau terlalu besar

Dalam menyajikan sayuran untuk Si Kecil, sebaiknya direbus, dikukus, atau dihaluskan dengan food processor terlebih dahulu agar dapat lebih mudah dikonsumsi Si Kecil. Selain itu, Bunda juga sebaiknya tidak memberikan Si Kecil makanan kalengan dan buah yang utuh. Potonglah kecil-kecil terlebih dahulu agar Si Kecil lebih mudah memakannya.

4. Buah dengan rasa asam

Jeruk, lemon, anggur, dan buah-buahan dengan rasa yang asam memang terasa sangat menyegarkan, ya. Namun, buah-buahan tersebut bisa membuat mual jika dikonsumsi oleh bayi berusia di bawah satu tahun. Direntang usia ini, sebaiknya Bunda tidak memberikan terlalu banyak buah yang asam pada Si Kecil, ya.

5. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Tidak semua biskuit boleh dikonsumsi oleh bayi lho, Bun. Biskuit yang biasa dimakan orang dewasa umumnya mengandung banyak lemak jenuh. Biskuit jenis ini tidak disarankan diberikan kepada bayi yang belum berusia satu tahun. Sebagai alternatifnya, Bunda bisa memberikan biskuit khusus bayi yang kandungan lemak jenuhnya rendah.

6. Makanan yang tinggi kandungan garam

Makanan tinggi garam sebaiknya dihindari Si Kecil, ya. Hal ini karena ginjal bayi di bawah satu tahun belum bisa mengolah garam dengan baik. Contoh makanan yang tinggi garam adalah makanan cepat saji dan makanan instan.

7. Minuman manis

Minuman manis dalam kemasan biasa mengandung banyak gula tambahan. Jadi, hindari memberikannya pada Si Kecil. Terlalu sering minuman manis membuat bayi lebih berisiko mengalami kerusakan gigi dan diare.

8. Minuman berkafein

Hindari memberikan Si Kecil minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda ya, Bun. Pasalnya, kafein dapat menyebabkan bayi mengalami sakit kepala, kekurangan kalsium, dan kerusakan gigi.

Mengetahui jenis makanan dan minuman yang harus dihindari untuk bayi di bawah satu tahun dapat membantu Bunda menyusun menu makanan yang aman bagi Si Kecil. Jika masih bingung, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan oleh Si Kecil sesuai kondisi kesehatannya.

 

Klik gambar untuk berkurban mudah, murah, dan sah :

Source : alodokter